Squid Game dan Glokalisasi Korea Selatan

 

[Pic: bbc.com]


I.G.A Ayu Brenda Yanti

Pegiat Sanglah Institute

 

Beberapa waktu belakangan ini, dunia perfilman dihebohkan oleh kemunculan salah satu serial terbaru dari Netflix yang berjudul Squid Game. Serial ini berhasil meraih 111 juta penonton kurang dari empat minggu pasca debutnya. Maka tak heran, Chief Content Officer (COO) Netflix Ted Sarandos, menobatkan Squid Game sebagai serial terpopuler sepanjang masa di jagad Netflix.

 

Squid Game merupakan salah satu serial film asal Korea Selatan karya sutradara Hwang Dong Hyuk. Serial ini bercerita mengenai permainan bertahan hidup yang diikuti oleh sejumlah orang demi mendapatkan hadiah 45,6 Milyar Won. Ada banyak hal yang membuat film ini menarik dan ikonik, seperti permainan anak-anak yang dimainkan, diversitas karakter, drama kehidupan yang disuguhkan, dan juga tentunya maskot terpopuler mereka, yakni boneka anak perempuan yang dapat mendeteksi gerak di permainan pertama.

 

Melejitnya popularitas Squid Game semakin menaikkan nama Korea Selatan sebagai negara penghasil film drama/serial dengan cerita epik. Mendunianya nama Korea Selatan tampaknya sarat dengan muatan “glokalisasi”. Menurut George Ritzer (2014), glokalisasi adalah salah satu bentuk perbaduan budaya antara budaya lokal dengan budaya global yang membentuk sebuah realitas baru. Dalam kasus Squid Game, budaya lokal yang dimaksud adalah industri film Korea Selatan dan permainan tradisional di dalam film tersebut, sementara budaya globalnya adalah Netflix itu sendiri. Budaya global sering diidentikkan dengan budaya Barat, sehingga produk yang datang dari budaya Timur dapat digolongkan sebagai bagian dari budaya lokal.

 

Di ranah yang agak berlainan, contoh sederhana dari glokalisasi adalah menu-menu makanan khas Indonesia yang disajikan di rumah makan cepat saji seperti McD atau KFC. Tidak jarang setiap hari kemerdekaan RI mereka mengeluarkan menu-menu dengan cita rasa khas Indonesia seperti burger balado, ayam goreng gulai, es krim rasa cendol, atau kue rasa klepon.

 

Adopsi nilai-nilai global ini menunjuk pada upaya untuk menyeimbangkan antara budaya global dengan budaya lokal, seringkali masyarakat baru mau menerima unsur kelokalan ketika suatu entitas disisipi unsur global yang bersifat universal.

 

Sebelumnya, strategi glokalisasi sudah berhasil dilakukan Jepang melalui industri film animasinya (anime), dan juga makanan-minuman khas mereka seperti sushi, ramen, sake, dan lain-lain. Hal ini berdampak pada semakin dikenalnya nama Jepang berikut beragam budayanya. Langkah ini tampaknya diikuti oleh Korea Selatan melalui industri musik dan perfilmannya.

 

Kurang dari dua dekade, Korea Selatan berhasil memperkenalkan K-Pop, K-Drama, hingga kuliner-kuliner mereka ke seluruh penjuru dunia. Padahal apabila melihat kilas balik di awal tahun 2000-an, tidak banyak orang yang tahu apa itu kimchi, tteokbokki, atau ramyun. Tetapi sekarang, rumah makan Korea sudah menjamur dari yang tanpa bintang hingga berbintang lima. Semua ini berkat K-Drama (drama Korea) yang menayangkan para tokohnya menyantap makanan-makanan tersebut dengan sangat nikmat.

 

Tidak menutup kemungkinan Indonesia nantinya dapat menyusul langkah Jepang dan Korea Selatan yang telah dahulu mendunia, melihat banyaknya potensi-potensi budaya yang dapat kita promosikan. Tantangannya sekarang adalah, ‘apakah orang-orang muda Indonesia masih memahami budaya mereka untuk bisa memromosikannya ke seluruh dunia?’

 

Referensi;

Braindilog Sosiologi Indonesia. 2017. Problematika Glokalisasi di Indonesia : Melestarikan Vs Menghilangkan Budaya Indonesia. Diakses dari: http://www.braindilogsociology.or.id/2017/02/problematika-glokalisasi-di-indonesia.html

CNNIndonesia. 2021. Squid Game Resmi Jadi Serial Terpopuler Netflix. Diakses dari: https://www.cnnindonesia.com/hiburan/20211013070754-220-706979/squid-game-resmi-jadi-serial-terpopuler-netflix

Nugroho, Wahyu Budi. 2021. Sosiologi Kehidupan Sehari-hari. Yogyakarta:Penerbit Egaliter.

Ritzer, George. 2014. Teori Sosiologi Modern. Jakarta: Prenadamedia Group

The Guardian. 2021. Squid Game Is Netflix’s Biggest Debut Hit, Reaching 111m Viewers Worldwide. Diakses dari: https://www.theguardian.com/tv-and-radio/2021/oct/13/squid-game-is-netflixs-biggest-debut-hit-reaching-111m-viewers-worldwide

0 Comments:

Post a Comment